3.3.a.3 Mulai Dari Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Berikut kumpulan refleksi, jawaban pertanyaan pemantik dan tanggapan saya pada kegiatan Pendidikan Guru Penggerak di alur Mulai Dari Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid :

1. 1. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid? Program yang berdampak pada murid adalah program yang dirancang untuk memberikan pengaruh positif atau perubahan pada murid yaitu untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid sehingga dapat membantu murid dalam mengembangkan keterampilan, kemampuan, atau membantu mereka dalam mencapai tujuan akademik maupun non-akademik. 2. Program yang berdampak pada murid dapat membantu mengembangkan kepemimpinan murid (student agency) melalui berbagai kegiatan dan program yang melibatkan murid secara aktif dalam proses pembelajaran dan pengembangan diri. Program yang berdampak pada murid dan kepemimpinan murid (student agency) saling mendukung dan memperkuat satu sama lain dalam membantu murid mencapai potensi penuh mereka. Melalui program yang tepat, murid dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang kuat yang akan membantu mereka sukses dalam kehidupan dan karir mereka di masa depan.

2. Program intrakurikuler adalah program utama sekolah yang dilakukan dengan menggunakan alokasi waktu yang telah ditentukan dalam struktur program sekolah yang dilaksanakan guru dan murid dalam jam pelajaran setiap hari dan ditujukan untuk mencapai tujuan minimal dari setiap mata pelajaran dalam kurikulum. Program kokurikuler merupakan program yang dilaksanakan sebagai penguatan atau pendalaman kegiatan intrakurikuler yang meliputi kegiatan pengayaan mata pelajaran, kegiatan ilmiah, pembimbingan seni dan budaya, dan/atau bentuk kegiatan lain yang dapat menguatkan karakter murid. Program ekstrakurikuler adalah program yang dilakukan oleh murid di luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan sekolah, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian murid.

3. Apa kegiatan/programnya?kegiatan PMR dan ekskul Basket.Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?Pihak sekolah dan PMR.Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu? Bendahara PMR dan Anggota ekskul basket.Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?Senang karena bisa berkolaborasi dengan teman lainnya.Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?Karena PMR merupakan kegiatan yang membantu sesama dan olahraga basket adalah olahraga favorit saya.Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?Bisa mengembangkan potensi dan minat saya, kemudian bisa menambah banyak teman/relasi.Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?Berdampak positif, saya bisa berkolaborasi dan berbagi pengalaman dengan rekan lainnya

4.  Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul modul ini, yang tergambar di benak saya adalah saya harus berupaya secara maksimal menuntun murid melalui sebuah program yang memberikan dampak positif bagi murid yaitu sebuah program yang mampu mengembangkan minat, bakat dan potensi murid secara utuh sehingga mereka sukses dalam kehidupan dan karir mereka di masa depan, harapan saya yang dapat dipelajari pada modul ini yaitu sebuah pemahaman dan keterampilan dalam mengimplementasikan pengelolaan program yang berdampak positif bagi murid

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog