Berikut Jawaban LMS kegiatan alur Mulai Dari Diri Pendidikan Guru Penggerak Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik
Refleksi
1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda
pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana
perasaan Anda ketika diobservasi?
Perasaan saya ketika pertama kali diobservasi yaitu sedikit tidak tenang dan gugup di awal pelaksanaan, selanjutnya makin tenang karena saya menguasai apa yang saya lakukan dalam
pembelajaran. Namun seiring berjalannya waktu dan ada jadwal rutin kegiatan observasi menjadi hal biasa, sehingga menjadi lebih tenang meskipun tidak sepenuhnya lepas seperti saat tidak disupervisi.2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan
pasca kegiatan observasi tersebut.
Pada
saat observasi berlangsung, saya melakukan pembelajaran berdasarkan RPP yang
telah dibuat sebelumnya. Kepala Sekolah duduk di belakang murid menghadap
saya.Pada awal kegiatan pembelajaran perasaan saya gugup dan tidak fokus. Namun
berlangsung hanya di awal saja, selanjutnya Saya berupaya mengatasi rasa gugup
dengan berbagai cara diantaranya berinteraksi dengan murid dan fokus melakukan
Langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan yang tertuang pada RPP. Kepala
sekolah berdiri kemudian sesekali melihat proses belajar murid,mencatat hal-hal
yang ditemui saat pembelajaran,mengamati gerakan dan menyimak pembicaraan saya
saat pembelajaran.
Sedangkan
pada saat pasca kegiatan saya merasa jauh lebih tenang karena Kepala sekolah
saya memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan pendapat terkait temuan-temuan
hasil observasi dengan suasana yang cair dan santai. Pasca kegiatan Observasi
ini Kepala Sekolah melakukan wawancara dan diskusi terkait kesan saya pada saat
diobservasi, identifikasi keberhasilan dan kelemahan saya yang menjadi temuan,
identifikasi keterampilan-keterampilan mengajar yang perlu ditingkatkan oleh
saya, serta memberikan gagasan baru yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah
yang muncul saat berlangsungnya proses pembelajaran
3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi
akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang
pendidik?
Proses
supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Saya berkembang sebagai
seorang pendidik, yaitu yang mampu memberikan gambaran mengenai upaya-upaya pemecahan
masalah pembelajaran dan menjadi bahan perbaikan ataupun pengembangan untuk
pelaksanaan pembelajaran selanjutnya, terutama proses pembelajaran yang memang
benar-benar berpihak pada murid saya.
4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang
kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan
dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan
situasi ideal 10.
Jika
Saya saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi.
Posisi Saya sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10 adalah
saya masih berada di posisi 6, karena saya belum berpengalaman dalam melakukan
kegiatan supervisi. Saya masih perlu belajar dan memerlukan bimbingan/ arahan
agar dapat melakukan supervisi dengan baik
5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat
mencapai situasi ideal itu?
Aspek
yang saya butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal adalah saya perlu memahami
konsep mengenai hakikat, tujuan, fungsi, peran dari supervisi itu sendiri, selain
itu saya juga masih perlu belajar untuk menumbuhkan jiwa supervisor akademik
ideal dengan paradima berpikir coaching. Saya juga masih perlu berlatih membangun
komunikasi yang empatik dan memberdayakan sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam
membuat perubahan strategis yang mampu menggerakan komunitas sekolah pada
ekosistem belajar saya
1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri
Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Harapan
yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang pendidik setelah
mempelajari modul ini adalah saya dapat mengimplementasikan latihan percakapan
berbasis coaching sehingga saya menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang
paham akan konsep dan terampil dalam menerapkannya sebagai bagian dari pengembangan
diri saya dan saya bisa membantu memfasilitasi rekan seajawat dalam
mengevaluasi dan melakukan perbaikan pembelajaran.
2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda
harapkan ada dalam modul ini?
Kegiatan
yang saya harapkan di modul 2.3 ini yaitu adanya contoh praktik kolaborasi coaching
supervisi akademik dan berbagai strategi lainnya yang bisa diterapkan dalam
pelaksanaan coaching.
Materi
yang saya harapkan dari modul 2.3 yaitu berisi tentang konsep yang mudah
dipahami dan menggambarkan implementasi praktik coaching yang jelas sehingga
saya mudah mencerna dan mengimplementasikannya di sekolah.
Manfaat
yang saya harapkan dari modul 2.3 ini bisa
membantu pemahaman saya tentang konsep coaching, membantu saya dalam memerankan
diri sebagai coach rekan sejawat dan berbagai pengembangan yang bisa menjadi
acuan saya dalam melaksanakan coaching.
0 komentar:
Posting Komentar