Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Refleksi Model 4F (Facts,Feelings,Findings, Futures)

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Pendidikan Calon Guru Penggerak Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Facts

Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Pada minggu ini dimulai tanggal 14 Nopember 2022 mempelajari Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Sistem pembelajaran masih menggunakan

LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata).

Pada tanggal 14 Nopember 2022 saya memulai kegiatan PGP pada alur Mulai Dari Diri dengan penuh semangat dan antusias.Pada alur Mulai Dari Diri ini secara daring melalui LMS Saya melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan peristiwa yang dirasakan sebagai sebuah kesulitan, kekecewaaan, kemunduran, atau kemalangan, yang akhirnya membantu Saya bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya .Masih di tanggal yang sama yaitu tanggal 14 Nopember 2022 di alur Eksplorasi Konsep melalui LMS secara daring Saya menjawab beberapa pertanyaan dan tanggapan berkaitan dengan materi Definisi Pembelajaran Sosial dan Emosional, Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional, Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah, Pengajaran Eksplisit KSE, Refleksi 5 KSE, Integrasi KSE dalam Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik, Menciptakan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah dan Penguatan KSE PTK di Sekolah. Selain itu juga saya memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP lainnya. Kumpulan jawaban dan tanggapan saya pada alur Eksplorasi Konsep Modul 2.2 ini saya susun kemudian diunggah ke blog pribadi saya (link : https://bit.ly/3gw0cIz) .Masih di tanggal yang sama yaitu tanggal 14 Nopember 2022 di alur Eksplorasi Konsep Forum Diskusi saya membaca 5 kasus “Bapak Eling”, kemudian saya menjawab pertanyaan berdasarkan 5 kasus tersebut. Diantaranya saya memaparkan masing-masing situasi yang dihadapai “Bapak Eling”, lalu memberikan gambaran cara merespon situasi yang dihadapi “Bapak Eling” berdasarkan 5 KSE yang telah saya pelajari. Kemudian saya juga memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban peserta CGP lain.Pada tanggal 18 Nopember 2022 di alur Ruang Kolaborasi 1 Saya bersama kelompok Guru Kelas SD (Kelas Atas) dengan bimbingan Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. ditugaskan untuk membuat sebuah RPP yang mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional. Lalu mendiskusikan isi dari RPP, menganilisis per kegiatan pembelajaran yang memuat Ide Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional untuk Murid. Kemudian menentukan Ide Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional untuk Rekan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)  di Sekolah. Lalu atas kesepakatan kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan Ruang Kolaborasi 2 .Pada Tanggal 19 Nopember 2022 saya bersama kelompok Guru SD (Kelas Atas) dengan bimbingan Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. melakukan presentasi dan tanya jawab hasil kegiatan Ruang kolaborasi 1 . Kemudian saya mengunggah tugas ruang kolaborasi (hasil kerja kelompok) ke LMS yaitu berupa video narasi. Pada Alur Demonstrasi Kontekstual yaitu tanggal 21 Nopember 2022 saya membuat dan mengunggah RPP Terintegrasi Kompetensi Sosial dan Emosiona,kemudian saya mengunggah RPP tersebut ke LMS. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 1 tanggal 23 Nopember 2022, Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Pembelajaran Sosial Emosional yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran Modul 2.2. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 2 tanggal 24 Nopember 2022 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Ibu Ulfah Amini juga CGP lain berkaitan dengan materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Masih di tanggal yang sama yaitu 24 Nopember 2022 setelah kegiatan Elaborasi Pemahaman 2 saya membuat Video Koneksi Antar Materi Modul 2.2 serta keterkaitannya dengan modul 1.1,1.2 ,1.3 1.4 dan Modul 2.1 kemudian saya unggah video Koneksi Antar Materi Tersebut ke LMS. Pada tanggal 25 Nopember 2022 saya membuat perencanaan kegiatan aksi nyata modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Feelings

Saya merasa bersyukur, bangga dan bahagia masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada tahap materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Saya selalu memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini sebaik mungkin. Saya sangat antusias mempelajari modul 2.2 ini, karena ada perubahan dalam diri saya yaitu pemahaman konsep dan upaya penerapan pembelajaran Sosial dan Emosional. Saya merasa tertantang dan bersemangat untuk mengimplementasikan Pembelajaran Sosial Emosional di kelas

 Findings

Banyak ilmu yang saya dapat setelah mempelajari dan mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional di kelas, diantaranya :

·     Saya paham bahwan pembelajaran sosial dan emosional adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

· Kompetensi Sosial dan Emosional yaitu : Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Kesadaran Sosial,Keterampilan berelasi dan Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab.

· Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional

·  Penerapan Pembelajaran  Sosial dan Emosional di Sekolah dapat dilakukan dengan cara : Pengajaran eksplisit, Integrasi dalam  praktek mengajar guru dan kurikulum akademik dan Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah

·  Pembelajaran Sosial dan Emosional harus diwujudkan secara sadar dan sengaja agar membentuk wellbeing dalam ekosistem sekolah

 Future

Saya akan menerapkan apa yang saya pahami yaitu tentang Pembelajaran Sosial Emosional, diantaranya :

·     Menerapkan Pembelajaran sosial dan emosional di kelas secara berkelanjutan

·     Berupaya menciptakan budaya sekolah untuk mewujudkan Pembelajaran sosial dan emosional

· Berkolaborasi dengan rekan sejawat dan semua unsur terkait untuk sama-sama belajar dan menerapkan Pembelajaran sosial dan emosional


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog