2.2.a.9 Aksi Nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

Refleksi dan Dokumentasi Aksi nyata Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional 

Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

REFLEKSI

Facts

Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Pada minggu ini dimulai tanggal 14 Nopember 2022 mempelajari Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata).

Pada alur Mulai Dari Diri ini secara daring melalui LMS Saya melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan peristiwa yang dirasakan sebagai sebuah kesulitan, kekecewaaan, kemunduran, atau kemalangan, yang akhirnya membantu Saya bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Pada Alur Eksplorasi Konsep melalui LMS secara daring Saya menjawab beberapa pertanyaan dan tanggapan berkaitan dengan materi Definisi Pembelajaran Sosial dan Emosional, Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE), Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional, Implementasi pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah, Pengajaran Eksplisit KSE, Refleksi 5 KSE, Integrasi KSE dalam Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik, Menciptakan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah dan Penguatan KSE PTK di Sekolah. Selain itu juga saya memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP lainnya. Pada alur Ruang Kolaborasi 1 Saya bersama kelompok Guru Kelas SD (Kelas Atas) membuat sebuah RPP yang mengintegrasikan pembelajaran sosial emosional. Lalu mendiskusikan isi dari RPP, menganilisis per kegiatan pembelajaran yang memuat Ide Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional untuk Murid. Kemudian menentukan Ide Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional untuk Rekan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)  di Sekolah. Lalu atas kesepakatan kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan Ruang Kolaborasi 2. Pada Ruang Kolaborasi 2 saya bersama kelompok Guru SD (Kelas Atas) melakukan presentasi dan tanya jawab hasil kegiatan Ruang kolaborasi 1 . Pada Alur Demonstrasi Kontekstual saya membuat dan mengunggah RPP Terintegrasi Kompetensi Sosial dan Emosiona,kemudian saya mengunggah RPP tersebut ke LMS. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 1 Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Pembelajaran Sosial Emosional yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran Modul 2.2. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 2 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Ibu Ulfah Amini juga CGP lain berkaitan dengan materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. setelah kegiatan Elaborasi Pemahaman 2 saya membuat Video Koneksi Antar Materi Modul 2.2 serta keterkaitannya dengan modul 1.1,1.2 ,1.3 1.4 dan Modul 2.1 kemudian saya unggah video Koneksi Antar Materi Tersebut ke LMS.

Pada alur Aksi Nyata saya merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran terintegrasi kompetensi sosial dan emosional di kelas 4 pada muatan pelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar 3.8  Memahami pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya dan 4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya. Kompetensi Sosial Dan Emosional yang diintegrasikan dalam pembelajaran, yaitu Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Kesadaran Sosial, Keterampilan Berelasi dan Pengambilan Keputusan yang bertanggung jawab. Alasan saya memilih 5 Kompetensi Sosial dan Emosional tersebut, yaitu :

1.  Kesadaran Diri

Dengan mengimplementasikan Kompetensi Sosial dan Emosional Kesadaran Diri dalam pembelajaran, Murid diharapkan dapat Mengidentifikasi emosi-emosi dalam diri, menghubungkan perasaan, pikiran, dan nilai-nilai, Mengidentifikasi kekuatan/aset diri dan memiliki pola pikir bertumbuh

2.  Manajemen Diri

Dengan mengimplementasikan Kompetensi Sosial dan Emosional Manajemen Diri dalam pembelajaran, Murid diharapkan dapat Mengelola emosi diri, Merancang tujuan pribadi dan Bersama, Memperlihatkan keberanian untuk mengambil inisiatif dan Mendemonstrasikan kendali diri dan dalam kelompok

3.  Kesadaran Sosial

Dengan mengimplementasikan Kompetensi Sosial dan Emosional Kesadaran Sosial dalam pembelajaran, Murid diharapkan dapat Mempertimbangkan pandangan/pemikiran orang lain, Mengakui kemampuan/kekuatan orang lain dan Menunjukkan kepedulian atas perasaan orang lain.

4.  Keterampilan Berelasi

Dengan mengimplementasikan Kompetensi Sosial dan Emosional Keterampilan Berelasi dalam pembelajaran, Murid diharapkan dapat Berkomunikasi dengan efektif, Mempraktikkan kerjasama tim dan pemecahan masalah secara kolaboratif, Menunjukkan sikap kepemimpinan dalam kelompok dan Mencari atau menawarkan bantuan apabila membutuhkan.

5.  Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Dengan mengimplementasikan Kompetensi Sosial dan Emosional Pengambilan Keputusan yang Bertangggung Jawab dalam pembelajaran, Murid diharapkan dapat Menunjukkan rasa ingin tahu dan keterbukaan pikiran, Berlatih membuat keputusan beralasan/masuk akal, setelah menganalisis informasi, data, fakta dan Mengantisipasi, mengevaluasi konsekuensi-konsekuensi dari tindakannya.

Feelings

Saya merasa bersyukur, bangga dan bahagia masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada tahap materi Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Saya selalu memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini sebaik mungkin. Saya sangat antusias mempelajari modul 2.2 ini dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran di kelas 4 pada muatan pelajaran IPA, karena ada perubahan dalam diri saya yaitu pemahaman konsep dan upaya penerapan pembelajaran Sosial dan Emosional sehingga bisa berdampak positif pada peningkatan kompetensi sosial dan emosional muird. Saya merasa optimis dan bersemangat untuk terus mengimplementasikan Pembelajaran Sosial Emosional di kelas.

Findings

Banyak ilmu yang saya dapat setelah mempelajari dan mengimplementasikan pembelajaran sosial dan emosional di kelas, diantaranya :

  • Saya paham bahwan pembelajaran sosial dan emosional adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.
  • Kompetensi Sosial dan Emosional yaitu : Kesadaran Diri, Manajemen Diri, Kesadaran Sosial,Keterampilan berelasi dan Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab.
  • Kesadaran Penuh (mindfulness) sebagai dasar penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional.
  • Penerapan Pembelajaran  Sosial dan Emosional di Sekolah dapat dilakukan dengan cara : Pengajaran eksplisit, Integrasi dalam  praktek mengajar guru dan kurikulum akademik dan Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah
  • Pembelajaran Sosial dan Emosional harus diwujudkan secara sadar dan sengaja agar membentuk wellbeing dalam ekosistem sekolah

Future

Saya akan menerapkan apa yang saya pahami yaitu tentang Pembelajaran Sosial Emosional, diantaranya :

  • Menerapkan Pembelajaran sosial dan emosional di kelas secara berkelanjutan.
  • Berupaya menciptakan budaya sekolah untuk mewujudkan Pembelajaran sosial dan emosional.
  • Berkolaborasi dengan rekan sejawat dan semua unsur terkait untuk sama-sama belajar dan menerapkan Pembelajaran sosial dan emosional.

DOKUMENTASI KEGIATAN AKSI NYATA PEMBELAJARAN SOSIAL DAN EMOSIONAL
     
Kegiatan Pendahuluan
     



Kegiatan Inti

































Kegiatan Penutup




















Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog