Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3 Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah
(Jurnal Refleksi Ke-14)
Model 4 F

Fact

Paket modul 3 merupakan paket modul terakhir yang dilaksanakan oleh CGP, memiliki judul “Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah”. Dalam submodul paket tiga inilah, CGP dibimbing tentang bagaimana pola pikir pemimpin yang seharusnya, dengan tetap mengutamakan keberpihakan pada murid, sikap seorang pemimpin ketika dihadapkan pada permasalah pelik, dimana keduanya memiliki nilai benar dan benar (dilema etika), agar keputusan yang ditetapkan merupakan hasil yang paling bijak dan tepat. Sub-modul tersebut antara lain: 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin; 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya; 3.3Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Tes awal modul dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 01 Februari 2023.

Feelings

Saya sangat bersyukur karena bisa mempelajari modul 3 ini . Saya sangat senang dan antusias karena mendapat pemahaman baru dan saya termotivasi menerapkan konsep-konsep yang dipelajari pada modul 3 ini yaitu : Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin, Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP ini terutama berkaitan dengan Modul 3 yaitu:

  • Lebih memahami cara mengambil keputusan dengan menerapkan pemahaman yang didapat pada alur Mulai dari Diri dan Ekplorsi Konsep. Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan pengambilan keputusan berdasarkan beberapa studi kasus yang disajikan Baik itu kasus bujukan moral dan dilema etika. Pentingnya Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai pemimpin pembelajaran pada setiap kasus yang terjadi dengan tetap berdasarkan pada nilai kebajikan universal dan keberpihakan pada murid.
  • Lebih memahami cara dan penerapannya dalam Pengelolan Sumber Daya. Pentingnya penerapan pendekatan berbasis aset dalam pengelolaan sumber daya.
  • Lebih memahami cara mengelola Program yang Berdampak Positif pada Murid, Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid dan Pentingnya penerapan pendekatan berbasis aset dan kolaborasi dengan semua warga sekolah dalam mengelola program agar berdampak positif pada murid.

Future

  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya penerapan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin,  Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin , Berusaha secara maksimal sebagai seorang pemimpin pembelajaran saya harus mampu melaksanakan pengambilan keputusan yang berdampak positif bagi lingkungan sekolah.
  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya Pengelolaan Sumber Daya, Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan Pengelolaan Sumber Daya dan Sebagai pemimpin pembelajaran saya harus mampu mengelola Sumber Daya yang ada.
  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, Sebagai pemimpin pembelajaran saya harus mampu melakukan perubahan positif secara kolaboratif dengan memanfaatkan aset kekuatan yang ada dalam Mengelola Program yang Berdampak pada Murid sehingga terwujud kepemimpinan murid (suara,pilihan,kepemilikan) dengan karakter profil pelajar Pancasila


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog