Tugas 1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Pendidikan Guru Penggerak

 Eksplorasi Konsep Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.3    

  1. Kalau kita meresapi isi dari puisi “Aku Melihat Indonesia” tersirat pesan yang sangat mendalam dan menyentuh hati kita. Puisi tersebut memberikan pelajaran bagi kita, jika kita mau berubah dan maju maka kita harus selalu melihat dari berbagai aspek bahwa perbedaan adalah hal positif, perbedaan adalah wajar bahkan bisa menjadi modal pemersatu dalam rangka berkolaborasi demi mencapai kemajuan bersama.
  2. Pemahaman terhadap peran strategis dari semua pihak di lingkungan komunitas sekolah merupakan salah satu komponen penting dalam mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid
  1. Dengan pendekatan IA maka tidak ada satupun pihak yang tidak berguna di komunitas sekolah , semuanya dapat menjadi pemersatu untuk membangun kekuatan bersama dalam melakukan perubahan positif
  2. Dengan pendekatan IA (Manajemen Perubahan BAGJA) kita tidak lagi mencari akar kelemahan atau hal negatif dari permasalahan, tapi menekankan pada hal yang sudah baik untuk dipertahankan kemudian dengan berkolaborasi mencari strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah lebih baik
  3. Dengan tahapan B-A-G-J-A kita dapat menerapkan visi melalui langkah-langkah yang terstruktur dan jelas, sehingga kita mempunyai arah & aksi yang tepat untuk mewujudkan visi kita
  4. BAGJA Merupakan Manajemen perubahan yang tepat untuk mengkolaborasi berbagai individu dalam komunitas sekolah demi kepentingan bersama yaitu peningakatan kualitas pembelajaran yang berpihak kepada murid. Hal yang menjadi substansi dari manajemen perubahan BAGJA adalah menguatkan hubungan antar manusia dan gotong-royong.
  5. Alur berfikir dalam mengelola perubahan menggunakan paradigma Inkuiri Apresiatif di sekolah dimulai dengan menyusun Visi, kemudian diturunkan menjadi prakarsa perubahan dan dicapai secara kolaboratif menggunakan tahapan BAGJA. BAGJA dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan untuk memfasilitasi perubahan agar secara organic dating dari dalam diri dan sekolah sendiri. Dalam ATM pertanyaan-pertanyaan BAGJA memerlukan Latihan terus-menerus. Jawaban pertanyan dicari bersama-sama melalui Tindakan penyelidikan yang dilakuan secara kolaboratif dengan orang lain.

Download Modul Ajar Kelas 4 Semua Mapel Lengkap Gratis

1.3.a.4.1. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian

“Terwujudnya peserta didik yang merdeka dan berkarakter baik berdasarkan Iman dan Taqwa Serta Berbudaya yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila”

Harapan saya dengan visi tersebut, murid saya bisa menjadi :

  1. Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Manusia yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung dengan orang lain (Merdeka)
  3. Manusia yang mampu menghargai perbedaan (Berkebinekaan Global)
  4. Manusia yang mampu berkolaborasi dengan orang lain (Gotong Royong)
  5. Manuasia yang mampu bernalar kritis
  6. Manusia yang mampu mengatasi berbagai persoalan dengan solusi terbaik (Kreatif)
  7. Manusia yang mampu mengelola dirinya sendiri (pikiran, perasaan, tindakan) untuk mencapai tujuanpribadinya ataupun tujuan Bersama (mandiri)
  8. Manusia yang berkarakter baik sesuai dengan budayanya

1.3.a.4.2. Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Tugas Kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif

  1. Hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya yaitu berusaha menggali nilai-nilai positif dari kegiatan yang sudah ada di sekolah,sehingga bisa dijadikan dasar berupa kekuatan dalam menyusun visi pribadi. Sehingga saya bisa Menyusun visi berdasarkan basis kekuatan yang tentunya berpihak pada murid.
  2. Saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik yaitu bahwa paradigma inkuiri apresiatif ini sejalan dengan Filosofis KI Hajar Dewantara yaitu menuntun anak sesuai kekuatan kodrat keadaannya. Pendidik menuntun dengan menebalkan kekuatan kodrat yang ada pada diri murid.Dengan pendekatan Inkuiri Apresiatif kitab bisa mewujudkan visi berdasarkan basis kekuatan yang telah ada yaitu hal positif / kekuatan iklim sekolah dan kodrat anak itu sendiri dan tentunya mengedepankan kolaborasi kekuatan dari berbagai pihak secara bergotong royong melalui tahapan-tahapan BAGJA

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog