Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 dan Modul 3.2

( MODEL 4 F )

Fact

Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Pada minggu ini dimulai tanggal 6 Februari 20 23 mempelajari Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin dan Modul 3.2  Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata). Kegiatan pada minggu ini diawali dengan alur Ruang Kolaborasi.

Pada tanggal 6 Februari 2023 di alur Ruang Kolaborasi 1 Saya bersama rekan CGP Kelompok A1 dengan bimbingan Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. mendiskusikan Studi kasus nyata dari salah satu anggota kelompok yang disepakati menjadi studi kasus kelompok untuk dianalisis.Kemudian menentukan: Paradigma yang digunakan, Prinsip yang mendasari pilihan pengambilan keputusan yang diambil, Tahapan pengambilan dan pengujian terhadap studi kasus. Lalu atas kesepakatan kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan Ruang Kolaborasi 2. Pada Tanggal 7 Februari 2023 di alur Ruang Kolaborasi 2 Saya bersama rekan CGP Kelompok A1 menyajikan hasil analisis studi kasus pengambilan keputusan. Kelompok lain memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok kami. Kemudian Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. memberikan umpan balik terhadap seluruh hasil kegiatan ruang kolaborasi 2. Selanjutnya pada tanggal 8 Februari 2023 saya mengunnggah file video hasil analisis studi kasus pengambilan keputusan ke LMS. Pada Alur Demonstrasi Kontekstual yaitu tanggal 8 – 9 Februari 2023 saya melakukan wawancara dengan dua orang kepala sekolah, yaitu kepala sekolah saya sendiri di SDN 2 Bojongkantong Ibu Paridaningsih, S.Pd. dan Kepala Sekolah SDN 3 Waringinsari Bapak Muhtar Wartakusumah, S.Ag. Topik wawancara yaitu berkaitan dengan praktik pengambilan keputusan yang selama ini dijalankan, terutama untuk kasus-kasus yang di mana nilai-nilai kebajikan saling bersinggungan, atau untuk kasus-kasus dilema etika yang sama-sama benar .Lalu pada tanggal 12 Februari 2023 dan 14 Februari 2023 saya mengunggah file doc narasi hasil wawancara dan rekaman video wawancara ke LMS. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 1 yaitu  tanggal 10 Februari 2023, Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran Modul 3.1  Pada Alur Elaborasi Pemahaman 2 tanggal 13 Februari 2023 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Ibu Nina Ratna Suminar, S.Sos., M.Si juga CGP lain berkaitan dengan materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Masih di tanggal yang sama yaitu 13 Februari 2023 saya membuat rangkuman Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin, hasil rangkuman tersebut bisa dilihat DISINI. Link postingan rangkuman koneksi antar materi tersebut kemudian saya sematkan di LMS. Pada tanggal 14 Februari 2023 saya melakukan perencanaan kegiatan aksi nyata modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.Pada tanggal 15 Februari 2023 saya memulai kegiatan PGP modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya pada alur Mulai Dari Diri dengan penuh semangat dan antusias.Pada alur Mulai Dari Diri ini secara daring melalui LMS Saya melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal saya tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Hasil kegiatan pada kegiatan pada alur Mulai Dari Diri ini saya posting di DISINI .Masih di tanggal yang sama yaitu tanggal 15 Februari 2023 di alur Eksplorasi Konsep melalui LMS secara daring Saya menjawab beberapa pertanyaan dan memberikan tanggapan berkaitan dengan Sekolah Sebagai Ekosistem, Pendekatan Berbasis Kekurangan/Masalah (Deficit-Based Approach) dan Pendekatan Berbasis Aset/Kekuatan (Asset-Based Approach), Karakteristik komunitas yang sehat dan resilien, 7 Aset/Modal Utama dalam sebuah komunitas/sekolah, Studi kasus pendekatan berbasis aset dan pendekatan berbasis kekurangan, pengalaman rapat di sekolah tentang pokok yang dibahas antara kekurangan atau kelebihan sekolah dan murid. Selain itu juga saya memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP lainnya. Kumpulan jawaban dan tanggapan saya pada alur Eksplorasi Konsep Modul 3.2 bisa dilihat DISINI . Pada tanggal 16 Februari 2023 di alur Eksplorasi Konsep Forum Diskusi saya membaca 2 kasus kemudian saya mengomunikasikan ide, pikiran dan gagasannya dalam forum diskusi asinkronus bersama para CGP lainnya terkait 2 kasus tersebut. Kemudian saya juga memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban peserta CGP lain. Pada tanggal 17 Februari 2023 di alur Ruang Kolaborasi 1 Saya bersama kelompok 2  dengan bimbingan Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. ditugaskan untuk mengidentifikasi aset/modal yang dimiliki oleh sekolah dan menuliskan cara pemanfataannya berdasarkan isu hangat yang terjadi, dalah hal ini kelompok saya mengambil topik tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. Lalu atas kesepakatan kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan Ruang Kolaborasi 2 .

Feelings

Saya merasa bersyukur, bangga dan bahagia masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada tahap materi Modul 3.1 dan Modul 3.2  Saya selalu memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini sebaik mungkin. Saya merasa tertantang dan bersemangat untuk menerapkan materi yang dipelajari pada modul 3.1 dan 3.2 ini secara berkelanjutan. Serta masih banyak yang perlu saya benahi terutama terkait Pengambilan Keptusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran dan Pengelolaan Sumber Daya

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP terutama pada Modul 3.1  dan 3.2 ini yaitu:

  • Lebih memahami cara mengambil keputusan dan cara mengelola sumber daya yang ada
  • Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan pengambilan keputusan dan pengelolaan sumber daya
  • Pentingnya Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai pemimpin pembelajaran pada setiap kasus yang terjadi dengan tetap berdasarkan pada nilai kebajikan universal dan keberpihakan pada murid
  • Pentingnya penerapan pendekatan berbasis aset dalam pengelolaan sumber daya

Future

  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya penerapan Pengambilan Keputusan dan Pengelolaan Sumber Daya
  • Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin  dan Pengelaolaan Sumber Daya
  • Sebagai pemimpin pembelajaran saya harus mampu mengambil keputusan berdasarkan nilai-nilai kebajikan dan mengelola sumber daya yang ada untuk kepentingan murid.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog