Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 dan 3.3

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan Modul 3.2 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Model 4 F

Fact

Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Pada minggu ini dimulai tanggal 20 Februari 2023 mempelajari Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya dan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata). Kegiatan pada minggu ini diawali dengan alur Ruang Kolaborasi.

Pada Tanggal 20 Februari 2023 di alur Ruang Kolaborasi 2 Saya bersama rekan CGP Kelompok 2 menyajikan hasil identifikasi aset/modal yang dimiliki oleh sekolah dan pemanfataannya berdasarkan isu hangat yang terjadi yaitu tentang Implementasi Kurikulum Merdeka. Kelompok lain memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok kami. Kemudian Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. memberikan umpan balik terhadap seluruh hasil kegiatan ruang kolaborasi 2. Selanjutnya saya mengunggah file video hasil identifikasi aset/modal yang dimiliki oleh sekolah dan pemanfataannya ke LMS.Pada Alur Demonstrasi Kontekstual yaitu tanggal 21 – 22 Februari 2023 saya menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Kemudian hasil analisis video tersebut saya buat dalam bentuk video kemudian saya unggah ke LMS. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 1 Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran Modul 3.2. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 2 tanggal 23 Februari 2023 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Bapak Sigit Kurniawan juga CGP lain berkaitan dengan materi Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Masih di tanggal yang sama yaitu 23 Februari 2023 saya membuat kesimpulan dan mengoneksikan materi yang ada di dalam modul 3.2 dengan materi lainnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak dalam bentuk video, kemudian Video tersebut saya unggah ke LMS. Pada tanggal 27 Februari – 1 Maret 2023 saya melakukan perencanaan dan melaksanakan kegiatan aksi nyata modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya yaitu melakukan diskusi untuk mengidentifikasikan sumber daya sebagai aset/kekuatan dan pemanfaatannya yang dimiliki sekolah bersama kepala sekolah,rekan guru, perwakilan murid kelas 4,5,6 dan perwakilan orang tua murid. Hasil kegiatan aksi nyata tersebut saya saya buat dalam bentuk video,kemudian saya unggah ke LMS. Tanggal 28 Februari 2023 saya memulai kegiatan PGP modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid di alur Mulai Dari Diri dengan penuh semangat dan antusias.Pada alur Mulai Dari Diri ini secara daring melalui LMS Saya menjawab beberapa pertanyaan pemantik dan melakukan refleksi diri dengan menjawab beberapa pertanyaan terkait pengalaman saya yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Hasil kegiatan pada alur Mulai Dari Diri dapat dibaca DISINI . Pada tanggal 1 Maret 2023 di alur Eksplorasi Konsep Mandiri melalui LMS secara daring Saya menjawab beberapa pertanyaan dan memberikan tanggapan berkaitan dengan materi Kepemimpinan Murid (Student Agency), Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid, Kepemimpinan Murid dan Profil Pelajar Pancasila, Contoh Program atau Kegiatan Sekolah yang Menumbuhkan Kepemimpinan Murid, Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid dan Peran Keterlibatan Komunitas dalam Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid. Selain itu juga saya memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP lainnya. Kumpulan jawaban dan tanggapan saya pada alur Eksplorasi Konsep Modul 3.3 ini dapat dibaca DISINI . Pada tanggal 2-4 Maret 2023 di alur Eksplorasi Konsep Forum Diskusi saya bersama kelompok A1 menentukan sebuah program atau kegiatan sekolah yang sudah/sedang dijalankan oleh salah satu anggota kelompok di sekolahnya. Kemudian anggota kelompok lainnya mengomentari dan mendiskusikannya dalam bentuk thread  atau rangkaian percakapan di LMS.

Feelings

Saya merasa bangga, bahagia dan bersyukur masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada tahap materi Modul 3.2 dan Modul 3.3. Saya selalu memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini semaksimal mungkin. Saya merasa tertantang dan bersemangat untuk menerapkan materi yang dipelajari pada modul 3.2 dan 3.3 ini secara secara konsisten dan berkelanjutan. Serta masih banyak yang perlu saya benahi terutama terkait Pengelolaan Sumber Daya dan Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP terutama pada Modul 3.2 dan 3.3  ini yaitu:

  • Lebih memahami cara mengelola sumber daya dan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan Pengelolan Sumber Daya dan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Pentingnya penerapan pendekatan berbasis aset dalam pengelolaan sumber daya
  • Pentingnya pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Future

  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya Pengelolaan Sumber Daya dan melakukan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan Pengelolaan Sumber Daya dan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Sebagai pemimpin pembelajaran saya harus mampu mengelola Sumber Daya yang ada dan Mengelola Program yang Berdampak Positif pada Murid.


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog