Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.1 Bagian 1

(MODEL 4F)

Fact

Setelah jeda kegiatan selama kurang lebih 1 bulan setengah Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak dimulai lagi pada tanggal 1 Februari 2023 mempelajari Modul 3.1 materi Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata).Pada tanggal 1 Februari 2023 dengan mengerjakan soal Pre-Test Modul 3.1 materi Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Alhamdulillah pelaksanaan Pre-Test berjalan dengan lancar. Masih di tanggal yang sama yaitu tanggal 1 Februari 2023 setelah mengerjakan soal Pre-Test

selanjutnya pada alur Mulai Dari Diri Saya dengan dengan penuh semangat secara daring melalui LMS menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan refleksi dan pengamatan keterampilan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, yayasan, dan pihak komunitas sekolah.Pada tanggal 2-3 Februari 2023 di alur Eksplorasi Konsep melalui LMS secara daring Saya memberikan pendapat dan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan Sekolah sebagai Institusi Moral,Definisi Etika, Prinsip-Prinsip Etika, Studi kasus nilai etika yang bertentangan, Keterampilan Pengambilan Keputusan, Bujukan Moral dan Dilema Etika,Analisis kasus yang dialami terkait dilema etika dan bujukan moral, Empat Paradigma Dilema Etika, Kasus Dilema Etika, Prinsip Pengambilan Keputusan, Prinsip Dilema Etika, Studi kasus untuk mengambil keputusan, Pengambilan dan Pengujian Keputusan dan Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan pada studi kasus. Alur eksplorasi konsep pada Modul 3.1 ini berisikan materi yang mencerahkan, alhamdulillah saya bisa mendapatkan banyak ilmu terutama berkaitan dengan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Selain itu juga saya memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP lain.

Feelings

Saya merasa bersyukur, bangga dan bahagia masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada tahap materi Modul 3.1 materi Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin. Saya selalu memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini sebaik mungkin. Saya merasa tertantang dan bersemangat untuk menerapkan materi yang dipelajari pada modul 3.1 ini secara berkelanjutan. Serta masih banyak yang perlu saya benahi terutama terkait Pengambilan Keptusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran.

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP terutama pada Modul 3.1  ini yaitu:

  • Lebih memahami cara mengambil keputusan dengan menerapkan pemahaman yang didapat pada alur Mulai dari Diri dan Ekplorsi Konsep.
  • Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan pengambilan keputusan berdasarkan beberapa studi kasus yang disajikan Baik itu kasus bujukan moral dan dilema etika.
  • Pentingnya Menerapkan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan sebagai pemimpin pembelajaran pada setiap kasus yang terjadi dengan tetap berdasarkan pada nilai kebajikan universal dan keberpihakan pada murid

Future

  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya penerapan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.
  • Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan Sebagai Pemimpin.
  • Berusaha secara maksimal sebagai seorang pemimpin pembelajaran saya harus mampu melaksanakan pengambilan keputusan yang berdampak positif bagi lingkungan sekolah

 

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog