Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

 Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Facts

Pada tanggal 12-13 September 2022, Saya membuat diagram trafesium usia. Kemudian dilanjutkan dengan membuat refleksi  berdasarkan trafesium usia dengan mengenang masa-masa sekolah dulu sehingga membangkitkan emosi dan kenangan yang teringat sampai sekarang,kemudian mengambil pelajaran dari apa yang saya rasakan dulu dikaitkan dengan peran saya sebagai seorang pendidik. Kemudian menggali nilai—nilai yang ada dalam diri saya yang membantu menggerakan murid, rekan kerja dan komunitas saya. Pada kegiatan eksplorasi konsep dengan penuh semangat saya mempelajari dan mencoba memberikan pendapat dan menjawab pertanyaan berkaitan dengan materi

yang dipelajari yaitu system kerja otak,kebutuhan dasar manusia,tahap tumbuh kembang anak,konsep manusia merdeka,nilai-nilai guru penggerak,diagram identitas gunung es dan peran guru penggerak.Pada tanggal 14 September 2022 di forum diskusi eksplorasi konsep saya menuliskan salah satu nilai guru penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik,kemudian menuliskan 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran Guru Penggerak. Saya juga memberikan tanggapan terhadap pernyataan dari peserta lain

Pada tanggal 15 September 2022 Saya bersama kelompok 1 Kelas A dengan bimbingan Ibu Fasilitator Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. berdiskusi untuk merancang satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran GP yang kelompok pilih, kemudian hasil diskusi dituangkan dalam bentuk video narasi sebagai bahan prensentasi pada kegiatan Ruang Kolaborasi 2. Pada hari Jumat Tanggal 16 September 2022 saya bersama kelompok 1 dengan bimbingan Ibu Fasilitator Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. melakukan presentasi dan tanya jawab hasil kegiatan Ruang kolaborasi 1 yaitu rancangan satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran guru penggerak yang kelompok pilih. Pada hari Sabtu tanggal 17 September 2022 saya mengunggah tugas ruang kolaborasi yaitu video narasi mengenai satu kegiatan yang sesuai dengan satu peran guru penggerak yang kelompok pilih. Dalam rentang waktu dua hari yaitu dari tanggal 19-20 September 2022 saya membuat karya video narasi berkaitan dengan gambaran diri saya di masa depan setelah 3 tahun menjadi guru penggerak yang mewujudkan nilai dan peran sebagai guru penggerak.Pada hari Rabu tanggal 21 September 2022, Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Nilai dan Peran Guru Penggerak yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran modul 1.2. Pada Hari Kamis, 22 September 2022 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Bapak Truko Triyanto juga CGP lain berkaitan dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak. Kemudian saya membuat tugas modul 1.2 koneksi antar materi yaitu keterkaitan Nilai dan Peran Guru Penggerak Serta Kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara berupa video narasi. Lalu saya mengunggah video tersebut ke LMS. Pada hari Jum’at 23 September 2022 kegiatan yang saya lakukan yaitu membuat perencanaan untuk Aksi Nyata modul 1.2, kemudian Pada hari Sabtu tanggal 24 September 2022 saya menyusun dan membuat jurnal refleksi dwi mingguan modul 1.2 kemudian dituangkan dalam bentuk video narasi pendek.

Feelings

Saya sangat bersyukur karena karena masih bisa mengikuti Kegiatan CGP sampai Modul 1.2 secara konsisten, tetapi saya khawatir tidak dapat membagi waktu antara tugas PGP dan tugas keseharian saya, namun Saya sangat senang karena mendapat pemahaman baru dan saya termotivasi untuk menjadi pendidik yang lebih baik dengan menerapkan nilai-nilai guru penggerak untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak pada murid dan berusaha menjalankan peran sebagai guru penggerak.

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP terutama pada modul 1.2  ini yaitu Saya bisa belajar melalui alur MERDEKA melalui LMS dengan bimbingan Fasilitator,Instruktur,Pengajar Praktik dan teman-teman CGP lainnya yang selalu saling memberikan support.Saya dapat memahami Nilai dan Peran Guru Penggerak dan bagaimana seharusnya saya merealisasikannya.

Future

Saya akan berusaha menerapkan apa yang saya pahami yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak.

Secara rinci kegiatan dan foto Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 saya buat dalam bentuk video di link berikut :

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog