Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif Pada Murid

Model 4 F 

Kegiatan Pendidikan Calon Guru Penggerak Pada minggu ini dimulai tanggal 5 Maret 2023 melanjutkan pembelajaran pada Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Sistem pembelajaran masih menggunakan LMS dengan alur belajar MERDEKA (Mulai Dari Diri, Eksplorasi Konsep,Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual ,Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata). Kegiatan pada minggu ini diawali dengan alur Ruang Kolaborasi.

Pada tanggal 5 Maret 2023 di alur Ruang Kolaborasi 1 Saya bersama rekan CGP Kelompok 3 dengan bimbingan Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. berdiskusi dan membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Lalu atas kesepakatan kelompok membuat bahan presentasi untuk kegiatan Ruang Kolaborasi 2. Pada Tanggal 6 Maret 2023 di alur Ruang Kolaborasi 2 Saya bersama rekan CGP Kelompok 3 menyajikan gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid. Kelompok lain memberikan tanggapan atau masukan konstruktif atas presentasi kelompok kami. Kemudian Fasilitator Ibu Siti Hamidah, S.Pd.,M.Pd. memberikan umpan balik terhadap seluruh hasil kegiatan ruang kolaborasi 2. Selanjutnya saya mengunggah file video gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid ke LMS. Pada Alur Demonstrasi Kontekstual yaitu tanggal 9 Maret 2023 saya mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. Kemudian hasil pengembangan ide tersebut saya buat dalam bentuk video lalu saya unggah ke LMS. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 1 tanggal 13 Maret 2023 Kegiatan yang saya lakukan yaitu menuangkan berbagai pertanyaan mengenai materi Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid yang masih ingin digali lebih lanjut pada kegiatan pembelajaran Modul 3.3. Masih di tanggal yang sama dilakukan kegiatan pendampingan individu 5 oleh Pengajar Paraktik Ibu Pupu Mastoh, S.Pd. Pada Alur Elaborasi Pemahaman 2 tanggal 14 Maret 2023 kegiatan yang saya lakukan yaitu menyimak pemaparan materi dan berdiskusi bersama instruktur Ibu Yuni Widiastuti juga CGP lain berkaitan dengan materi Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Pada Alur Koneksi Antar Materi saya melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid dalam bentuk video, kemudian video tersebut saya unggah ke LMS. Pada tanggal 15 – 20 Maret 2023 saya melakukan perencanaan dan melaksanakan kegiatan aksi nyata modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid. Pada tanggal 16 Maret 2023 saya mengerjakan Post Test Modul 3, kemudian pada tanggal 18 Maret 2023 saya bersama rekan CGP Angkatan 6 Kota Banjar Mengikuti kegiatan Lokakarya 5 yang bertempat di UPTD SDN 3 Balokang Kecamatan Banjar Kota Banjar.

Feelings

Saya merasa bangga, bahagia dan bersyukur masih bisa melanjutkan Pendidikan Guru Penggerak ini sampai pada materi Modul 3.3. Saya selalu berupaya memanfaatkan waktu dan pengalaman berharga  ini semaksimal mungkin. Saya merasa tertantang dan bersemangat untuk menerapkan materi yang dipelajari pada modul 3.3 ini secara secara kolaboratif, konsisten dan berkelanjutan. Serta masih banyak yang perlu saya benahi terutama terkait Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid.

Findings

Yang saya dapatkan dari kegiatan PGP terutama pada Modul 3.3  ini yaitu:

  • Lebih memahami cara mengelola Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Belajar menerapkan ilmu yang didapat berkaitan dengan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Pentingnya penerapan pendekatan berbasis aset dan kolaborasi dengan semua warga sekolah dalam mengelola program agar berdampak positif pada murid

Future

  • Refleksi diri untuk mengenali dan memahami  berbagai hal yang perlu ditingkatkan dalam upaya merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Menyebarkan pemahaman dan pengalaman penerapan pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
  • Sebagai pemimpin pembelajaran saya harus mampu melakukan perubahan positif secara kolaboratif dengan memanfaatkan aset kekuatan yang ada dalam Mengelola Program yang Berdampak pada Murid sehingga terwujud kepemimpinan murid (suara,pilihan,kepemilikan) dengan karakter profil pelajar Pancasila


Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog