3.3.a.4 Eksplorasi Konsep Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Berikut kumpulan jawaban pertanyaan pemantik dan tanggapan saya pada kegiatan Pendidikan Guru Penggerak di alur Eksplorasi Konsep Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Positif Pada Murid :

  • Menurut Ibu/Bapak, siapakah yang seharusnya memegang kendali terhadap proses pembelajaran murid?Menurut Ibu/Bapak, dalam hal apa saja dan sebagai apa murid dapat mengambil kendali dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah?Bagaimana peran dan keterlibatan murid dalam berbagai program/kegiatan pembelajaran sekolah dapat berkontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat?Bagaimana kita dapat melibatkan komunitas dalam mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid?

1.   Yang memegang kendali terhadap proses pembelajaran adalah murid.Tiap murid unik dan berbeda dalam kebutuhan belajarnya, murid harus mampu mengedalikan proses belajarnya agar berkembang sesuai dengan kodratnya.Tugas guru menuntunnya dengan menciptakan kondisi yang memungkinkan murid mengedalikan proses belajarnya dan mampu merefleksikan atas segala kegiatan belajarnya sehingga mampu mengatasi tantangan dalam kehidupannya.Murid dapat mengambil kendali, yaitu menentukan arah tujuan pembelajarannya, memilih cara belajarnya,mengorganisaikan waktu belajarnya,berpartisipasi aktif di kelas dan melakukan refleksi.Peran/keterlibatan murid dalam kegiatan berkontribusi positif bagi lingkungan dintaranya : Kemampuan Bartispiasi dalam kegiatan di kelas, sikap empati dan kepedulian terhadap sesama teman, sikap kesadaran lingkungan misalnya peduli akan kebersihan sekolah. Kita dapat mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid melalui berbagai kegiatan sekolah (intrakurikuler, kokulikuler dan ekstrakurikuler)

2. Kepemimpinan Murid adalah kemampuan diri seorang murid dalam melakukan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab terkait dengan program/kegiatan belajarnya.

3.    Murid sebagai “student agency” jika mereka mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya. Setiap pribadi atau murid agency memiliki sifat inti yang disingakat  IVAR , yaitu :1. I - Intensi = Kesengajaan (intentionality), 2. V - Visi = Pemikiran ke depan (forethought), 3. A - Aksi = Kereaktifan-diri (self-reactiveness), 4. Refleksi = Kereflektifan-diri (self-reflectiveness)

4.  Konsep kepemimpinan yaitu berakar pada prinsip bahwa murid memiliki kemampuan dan keinginan untuk mempengaruhi kehidupan mereka sendiridan dunia di sekitar mereka secara positif. Kepemimpinan murid dapat dilihat sebagai kapasitas untuk menetapkan tujuan, melakukan refleksi dan bertindak secara bertanggung jawab untuk menghasilkan perubahan.

5. Tugas kita sebagai guru untuk menciptakan kepemimpinan murid yaitu menyediakan lingkungan yang menumbuhkan budaya di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan dalam apa yang mereka pikirkan, niat yang mereka tetapkan, bagaimana mereka melaksanakan niat mereka, dan bagaimana mereka merefleksikan tindakan mereka.

6.   Upaya menumbuhkembangkan kepemimpinan murid akan  menyediakan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan profil positif dirinya yaitu profil pelajar Pancasila

7.   Setelah membaca beberapa program sekolah dan video tentang upaya penumbuhan kepemimpinan murid, saya menjadi lebih paham berkaitan dengan konsep kepemimpinan murid dan bagaimana cara menerapkannya. Betapa pentingnya kita sebagai guru mempertimbangkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid. Dengan berbagai upaya yang positif dan fokus pada aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid maka akan tumbuh kepemimpinan murid dengan profil pelajar Pancasila

Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut (Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler)?

Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid.  Jelaskan jawaban Ibu/Bapak.

Dalam setiap situasi yang digambarkan di atas, apa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan? Jelaskan jawaban Anda!

8.   Situasi 1 : 1. Ekstrakurikuler. 2.SUARA; Disaat Pak Segar meminta ide dari murid-muridnya untuk mengetahui sebaiknya lahan yang luasnya terbatas tersebut digunakan untuk apa - PILIHAN; Pak Segar mendiskusikan jenis jenis tanaman yang akan ditanam di kebun. - KEPEMILIKAN; dari hasil diskusi murid bahkan dapat memberikan gagasan bagaimana kebun ini bisa dirawat bersama oleh murid-murid dan merasa memiliki kebun tersebut. 3. Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan ; Bergotong royong, Bernalar Kritis, Mandiri dan Kreatif

9. Kepemimpinan Murid (Student Agency) adalah kemampuan diri seorang murid dalam melakukan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab terkait dengan program/kegiatan belajarnya. Murid mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya. Dengan berbagai upaya melalui berbagai program/kegiatan yang positif dan fokus pada aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid maka akan tumbuh kepemimpinan murid dengan profil pelajar Pancasila.

10.Lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid adalah lingkungan di mana guru, sekolah, orangtua, dan komunitas secara sadar mengembangkan wellbeing atau kesejahteraan diri murid-muridnya secara optimal. Karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid yaitu : 1. yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif, 2. yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, 3. yang melatih keterampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademiknya,4. yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri,sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,5. yang membuka wawasan murid, 6. yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri, 7. yang menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid.

11. Sebagai pusat dari proses pendidikan, murid ‘berada’ dalam lintas komunitas, yaitu : komunitas keluarga, komunitas kelas dan antar kelas, komunitas sekolah, komunitas sekitar sekolah dan komunitas yang lebih luas. Komunitas-komunitas tersebut merupakan aset sosial yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas program/kegiatan pembelajaran di sekolah, termasuk dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid, .Komunitas memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan lingkungan belajar yang mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid karena: membantu menyediakan kesempatan bagi murid untuk mewujudkan pilihan dan suara mereka, membantu murid untuk belajar melihat dan merasakan dampak dari pilihan dan suara yang dibuatnya, membantu membentuk identitas diri dan efikasi diri murid yang lebih kuat, membantu murid untuk dapat tumbuh menjadi agen perubahan yang dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap diri sendiri, orang lain, masyarakat serta lingkungan di sekitarnya.

12. Kita dapat melibatkan lintas komunitas dalam proses pembelajaran murid dengan mendorong aspek suara, pilihan dan kepemilikan murid itu sendiri. Untuk dapat mempromosikan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid, ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan panduan dalam membangun interaksi murid dengan komunitas, yaitu : 1. Membangun suasana yang menghargai murid, 2. Mendengarkan murid, 3. Dialog atau komunikasi dengan murid,4. Menempatkan murid dalam kursi pengemudi.

13. Alhamdulillah, semoga menjadi lebih paham dan mampu mengiplementasikannya.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog