Modul ajar merupakan salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar
Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar.merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan murid. Modul ajar sekurang-kurangnya berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.Komponen
inti modul ajar terdiri dari :
1. Tujuan
pembelajaran
Tujuan
pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus
bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman.
Tujuan
pembelajaran akan menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan,
kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan.
Tujuan
pembelajaran pun bisa mencakup berbagai bentuk, mulai dari pengetahuan (fakta
dan informasi), prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran
keterampilan, serta kolaborasi dan strategi komunikasi.
2. Kegiatan
pembelajaran
Mencakup
urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah konkret, yang
disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan
kebutuhan belajar murid.
Langkah
kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang
direncanakan, dalam tiga tahap, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup berbasis
metode pembelajaran aktif.
3. Rencana
asesmen
Rencana
asesmen mencakup instrumen serta cara melakukan penilaian. Kriteria pencapaian
harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang
ditetapkan.
Asesmen
dapat berupa asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Namun, kedua jenis
asesmen ini tidak harus selalu digunakan dalam modul ajar, melainkan dapat
disesuaikan tergantung pada cakupan tujuan pembelajaran dan kebutuhan murid.
Dalam
merencanakan asesmen, guru juga perlu memahami salah satu prinsip asesmen dalam
Kurikulum Merdeka adalah mendorong penggunaan berbagai bentuk asesmen, bukan
hanya tes tertulis. Hal ini dilakukan agar pembelajaran bisa lebih terfokus
pada kegiatan yang bermakna, serta informasi atau umpan balik dari asesmen
tentang kemampuan murid juga menjadi lebih kaya dan bermanfaat dalam proses
perancangan pembelajaran berikutnya.
Silahkan Download
Modul Ajar Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semua Mapel Lengkap Gratis,
klik link download di bawah ini :
0 komentar:
Posting Komentar