Tugas 2.3.a.3 Mulai Dari Diri Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik Pendidikan Calon Guru Penggerak

Berikut Jawaban LMS kegiatan alur Mulai Dari Diri Pendidikan Guru Penggerak Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik

Refleksi

1.      Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Perasaan saya ketika pertama kali diobservasi yaitu sedikit tidak tenang dan gugup di awal pelaksanaan, selanjutnya makin tenang karena saya menguasai apa yang saya lakukan dalam

pembelajaran. Namun seiring berjalannya waktu dan ada jadwal rutin kegiatan observasi menjadi hal biasa, sehingga menjadi lebih tenang meskipun tidak sepenuhnya lepas seperti saat tidak disupervisi.

2.      Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Pada saat observasi berlangsung, saya melakukan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dibuat sebelumnya. Kepala Sekolah duduk di belakang murid menghadap saya.Pada awal kegiatan pembelajaran perasaan saya gugup dan tidak fokus. Namun berlangsung hanya di awal saja, selanjutnya Saya berupaya mengatasi rasa gugup dengan berbagai cara diantaranya berinteraksi dengan murid dan fokus melakukan Langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan yang tertuang pada RPP. Kepala sekolah berdiri kemudian sesekali melihat proses belajar murid,mencatat hal-hal yang ditemui saat pembelajaran,mengamati gerakan dan menyimak pembicaraan saya saat pembelajaran.

Sedangkan pada saat pasca kegiatan saya merasa jauh lebih tenang karena Kepala sekolah saya memberikan kesempatan kepada saya untuk memberikan pendapat terkait temuan-temuan hasil observasi dengan suasana yang cair dan santai. Pasca kegiatan Observasi ini Kepala Sekolah melakukan wawancara dan diskusi terkait kesan saya pada saat diobservasi, identifikasi keberhasilan dan kelemahan saya yang menjadi temuan, identifikasi keterampilan-keterampilan mengajar yang perlu ditingkatkan oleh saya, serta memberikan gagasan baru yang bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah yang muncul saat berlangsungnya proses pembelajaran

3.   Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Saya berkembang sebagai seorang pendidik, yaitu yang mampu memberikan gambaran mengenai upaya-upaya pemecahan masalah pembelajaran dan menjadi bahan perbaikan ataupun pengembangan untuk pelaksanaan pembelajaran selanjutnya, terutama proses pembelajaran yang memang benar-benar berpihak pada murid saya.

4.     Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Jika Saya saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi. Posisi Saya sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10 adalah saya masih berada di posisi 6, karena saya belum berpengalaman dalam melakukan kegiatan supervisi. Saya masih perlu belajar dan memerlukan bimbingan/ arahan agar dapat melakukan supervisi dengan baik

5.       Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Aspek yang saya butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal adalah saya perlu memahami konsep mengenai hakikat, tujuan, fungsi, peran dari supervisi itu sendiri, selain itu saya juga masih perlu belajar untuk menumbuhkan jiwa supervisor akademik ideal dengan paradima berpikir coaching. Saya juga masih perlu berlatih membangun komunikasi yang empatik dan memberdayakan sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam membuat perubahan strategis yang mampu menggerakan komunitas sekolah pada ekosistem belajar saya

 Harapan

1.   Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Harapan yang ingin saya lihat pada diri saya sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini adalah saya dapat mengimplementasikan latihan percakapan berbasis coaching sehingga saya menjadi seorang pemimpin pembelajaran yang paham akan konsep dan terampil dalam menerapkannya sebagai bagian dari pengembangan diri saya dan saya bisa membantu memfasilitasi rekan seajawat dalam mengevaluasi dan melakukan perbaikan pembelajaran.

2.       Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Kegiatan yang saya harapkan di modul 2.3 ini yaitu adanya contoh praktik kolaborasi coaching supervisi akademik dan berbagai strategi lainnya yang bisa diterapkan dalam pelaksanaan coaching.

Materi yang saya harapkan dari modul 2.3 yaitu berisi tentang konsep yang mudah dipahami dan menggambarkan implementasi praktik coaching yang jelas sehingga saya mudah mencerna dan mengimplementasikannya di sekolah.

Manfaat yang saya harapkan dari modul 2.3  ini bisa membantu pemahaman saya tentang konsep coaching, membantu saya dalam memerankan diri sebagai coach rekan sejawat dan berbagai pengembangan yang bisa menjadi acuan saya dalam melaksanakan coaching.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog