PKB singkatan dari Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah bentuk pembelajaran
berkelanjutan bagi guru yang merupakan kendaraan utama dalam upaya membawa perubahan
yang diinginkan berkaitan dengan keberhasilan siswa. Dengan demikian semua
siswa diharapkan dapat mempunyai pengetahuan lebih, mempunyai keterampilan lebih
baik, dan menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang materi ajar serta mampu
memperlihatkan apa yang mereka ketahui dan mampu melakukannya. PKB mencakup berbagai
cara dan/atau pendekatan dimana guru secara berkesinambungan belajar setelah
memperoleh pendidikan dan/atau pelatihan awal sebagai guru. PKB mendorong guru untuk
memelihara dan meningkatkan standar mereka secara keseluruhan mencakup bidang‐bidang berkaitan dengan pekerjaannya
sebagai profesi. Dengan demikian, guru dapat memelihara, meningkatkan dan
memperluas pengetahuan dan keterampilannya serta membangun kualitas pribadi
yang dibutuhkan di dalam kehidupan profesionalnya Pada prinsipnya, PKB mencakup
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi yang didesain untuk meningkatkan
karakteristik, pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan PKB adalah bagian
penting dari proses pengembangan keprofesionalan guru.
PKB. PKB dalam rangka pengetahuan dan
keterampilan merupakan tanggung‐jawab guru
secara individu sesuai dengan masyarakat pembelajar, jadi sangat penting bagi
guru yang berada di ujung paling depan pendidikan. Oleh karena itu, agar PKB
dapat mendukung kebutuhan individu dan praktik‐praktik
keprofesianalan maka kegiatan PKB harus:
- Menjamin kedalaman pengetahuan terkait dengan materi ajar yang diampu;
- Menyajikan landasan yang kuat tentang metodologi (pedagogik) untuk mata pelajaran tertentu;
- Menyediakan pengetahuan yang lebih umum tentangproses pembelajaran dan sekolah sebagai institusi di samping pengetahuan terkait dengan materi ajar yang diampu dan metodologi pembelaran (pedagogik) untukmata pelajaran tertentu;
- Mengakar dan merefleksikan penelitian terbaik yang ada dalam bidang pendidikan;
- Berkontribusi terhadap pengukuran peningkatan keberhasilan peserta didik dalam belajarnya;
- Membuat guru secara intelektual terhubung dengan ideide dan sumberdaya yang ada;
- Menyediakan waktu yang cukup, dukungan dan sumberdaya bagi guru agar mampu menguasai isi materi belajadan pedagogi serta mengintegrasikan dalam praktikpraktikpembelajaran sehari‐hari;
- Didesain oleh perwakilan dari mereka‐mereka yang akan berpartisipasi dalam kegiatan PKB bekerjasama dengan para ahli dalam bidangnya;
- Mencakup berbagai bentuk kegiatan termasuk beberapa kegiatan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan saat itu.
- Pelaksanaan Pengembangan Diri
- Pelaksanaan Publikasi Ilmiah
- Pelaksanaan Karya Inopatif (sumber : Buku 1 Pedoman Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Sedangkan untuk Definisi PKG, silahkan baca Definisi dan Fungsi Penilaian Kinerja Guru
0 komentar:
Posting Komentar