Penilaian hasil belajar erat kaitannya dengan tiga ranah sesuai dengan taksonomi Bloom yaitu : kognitif, apektif dan psikomotor. Hasil penilaian pembelajaran idealnya mencerminkan ketiga ranah tersebut. Berikut cara menilai hasil belajar psikomotor menurut para ahli :
Ryan (1980)
- Melalui pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung
- Sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap
- Beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.
Leighbody (1968)
Menurut Leighbody penilaian hasil belajar psikomotor mencakup :
- Kemampuanmenggunakan alat dan sikap kerja
- Kemampuan menganalisis suatu pekerjaan dan menyusun urut-urutan pengerjaan
- Kecepatan mengerjakan tugas
- Kemampuan membaca gambar dan atau simbol
- Keserasian bentuk dengan yang diharapkan dan atau ukuran yang telah ditentukan.
0 komentar:
Posting Komentar