Cara Menilai Hasil Belajar Psikomotor Menurut Para Ahli


Penilaian hasil belajar erat kaitannya dengan tiga ranah sesuai dengan taksonomi Bloom yaitu : kognitif, apektif dan psikomotor. Hasil penilaian pembelajaran idealnya mencerminkan ketiga ranah tersebut. Berikut cara menilai hasil belajar psikomotor menurut para ahli :
Ryan (1980) 
  • Melalui pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung
  • Sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap
  • Beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya. 
Leighbody (1968)
Menurut Leighbody penilaian hasil belajar psikomotor mencakup :
  • Kemampuanmenggunakan alat dan sikap kerja
  • Kemampuan menganalisis suatu pekerjaan dan menyusun urut-urutan pengerjaan 
  • Kecepatan mengerjakan tugas
  • Kemampuan membaca gambar dan atau simbol
  • Keserasian bentuk dengan yang diharapkan dan atau ukuran yang telah ditentukan.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog