Prinsip Penilaian Hasil Belajar

Sunday, November 18, 2012
Prinsip Penilaian Hasil Belajar
Setelah postingan terdahulu dijelaskan tentang fungsi dan tujuan penilaian hasil belajar, pada postingan kali ini akan dibahas tentang Prinsip Penilaian Hasil Belajar. Guru perlu memahami prinsip penilaian hasil belajar ini terutama ketika akan merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar. Sehingga proses dan hasi penilaian tepat sasaran dan menggambarkan hasil yang lebih objektif.
Prinsip penilaian hasil belajar yaitu :
  • Penilaian hasil belajar hendaknya menjadi bagian integral dari proses pembelajaran. Artinya setiap guru melaksanakan proses pembelajaran ia harus melaksanakan kegiatan penilaian. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian formatif. Tidak ada proses pembelajaran tanpa penilaian. Dengan demikian maka kemajuan belajar siswa dapat diketahui dan guru dapat selalu memperbaiki kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakannya.
  • Penilaian kelas hendaknya dirancang dengan jelas kemampuan apa yang harus dinilai, materi atau isi bahan ajar yang diujikan, alat penilaian yang akan digunakan, dan interpretasi hasil penilaian. Sebagai patokan atau rambu-rambu dalam merancang penilaian hasil belajar adalah kurikulum yang berlaku terutama tujuan dan kompetensi mata pelajaran, ruang lingkup isi atau bahan ajar serta pedoman pelaksanaannya.
  • Penilaian harus dilaksanakan secara komprehensif, artinya kemampuan yang diukurnya meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotiris. Dalam aspek kognitif mencakup: pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis,sintesis, dan evaluasi secara proporsional.
  • Alat penilaian harus valid dan reliabel. Valid artinya mengukur apa yang seharusnya diukur (ketepatan). Reliabel artinya hasil yang diperoleh dari penilaian adalah konsisten atau ajeg (ketetapan).
  • Penilaian hasil belajar hendaknya diikuti dengan tidak lanjutnya. Data hasil penilaian sangat bermanfaat bagi guru sebagai bahan untuk menyempurnakan program pembelajaran, memperbaiki kelemahan-kelemahan pembelajaran, dan kegiatan bimbingan belajar pada siswa yang memerlukannya.
  • Penilaian hasil belajar harus obyektif dan adil sehingga bisa mengambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya. 
Sedangkan untuk jenis penilaiannya silahkan baca  Jenis Penilaian Hasil Belajar

Artikel Menarik Lainnya :

2 komentar:

Artikelnya sangat bagus dan informatif, keren dah pokoknya.

SHEV said...

wah terima kasih...mudah-mudahan pengajar memahami perinsip mengajar dan mengimplementasikannya di lapangan...terima kasih atas kunjungannya...blognya hebat...GAnya nempel..saya kasih donasi ya,..he

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog