Definisi dan Fungsi Sumber Belajar

Monday, September 3, 2012
Definisi dan Fungsi Sumber Belajar
Sumber belajar dapat didefinisikan sebagai berikut :
  • Dalam arti sempit, sumber belajar hanya terkait dengan buku dan bahan-bahan cetak untuk memperlancar kegiatan proses belajar mengajar yang didominasi oleh pendidik.
  • Dalam arti luas, sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dan dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar guna memudahkan pencapaian tujuan pengajaran secara efektif dan efisien.
 Sedangkan fungsi dari sumber belajar diantaranya :
  1. Menimbulkan kegairahan belajar. Gairah belajar akan timbul karena bukan hanya guru saja yang dapat dijadikan tumpuan untuk memecahkan masalah dalam proses belajar mengajar, melainkan lingkungan sekitar, manusia sumber (narasumber) juga dapat dijadikan pegangan dalam memecahkan masalah.
  2. Memungkinkan adanya interaksi yang lebih langsung antara peserta didik dengan lingkungan. Lingkungan yang sudah dirancang oleh pendidik untuk disajikan dalam proses belajar mengajar akan memberikan peluang kepada peserta didik untuk berinteraksi secara langsung dengan lingkungannya. Dengan interaksi tersebut peserta didik dapat secara langsung belajar terhadap objek yang dikehendaki atau pada sumber yang asli.
  3. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari pengalaman. Pengalaman langsung mempunyai nilai tersendiri bagi peserta didik, lebih-lebih nilai pengalaman yang diperolehnya itu langsung dari sumbernya akan terkesan dan tetap mengakar pada pikirannya untuk waktu yang relatif lama.
  4. Memungkinkan peserta didik untuk belajar mandiri sesuai dengan tingkat kemampuannya. Tingkat kemampuan peserta didik itu beraneka ragam, ada yang tingkat kemampuannya tinggi, tingkat kemampuannya sedang, dan ada juga yang tingkat kemampuannya rendah. Pemaksaan belajar kepada peserta didik untuk berpikir di luar kemampuannya akan mengakibatkan malapetaka bagi peserta didik.
  5. Menghilangkan kekacauan penafsiran. Penafsiran yang berbeda itu akibat sumber yang digunakan belum bisa menggambarkan atau menjelaskan hakikat/ pengartian dari sesuatu yang diajarkan. Peserta didik yang dihadapkan pada sumber belajar secara langsung akan dapat menafsirkan sendiri tentang hakikat atau pengertian sesuatu itu.(bermutu)
Sedangkan untuk definisi media pembelajaran silahkan baca Definisi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli
Bisnis yuu !!!!!!
Apakah anda sering ngisi pulsa?apakah anda membeli pulsa dari orang lain dengan harga yang mahal?Bisa kah kita ngisi pulsa sendiri dengan harga murah pluss dapat keuntungan?SANGAT BISA...untuk lebih jelasnya silahkan baca DISINI

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

 
 
Copyright © SHEV's Blog