Hasley (dalam
Kusnandar,2008:43) mendefinisikan bahwa “penelitian tindakan (action research) adalah sebagai
intervensi skala kecil terhadap tindakan dalam dunia nyata dan pemeriksaan
secara cermat terhadap efek dari
intervensi tindakan tersebut”. Sementara Elliot (dalam Kusnandar,2008:43) mendefinisikan
“penelitian tindakan sebagai kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk
meningkatkan penelitian tindakan”. Sedangkan menurut Kemmis dan Mc Taggart
(dalam Kusnandar,2008:42-43)”penelitian tindakan diartikan sebagai bentuk
refleksi diri secara kolektif yang
melibatkan partisipan dalam suatu situasi sosial untuk mengembangkan rasionalisasi dan justifikasi
dari praktik pendidikan”
Kesimpulan : Penelitian tindakan kelas adalah
penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi
diri dengan tujuan untuk
memperbaiki kinerjanya sehingga hasil
belajar siswa meningkat.
Tujuan PTK yaitu :
- Memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesionalitas pendidikan yang diemban guru.Salah satu contoh dalam memperbaiki pembelajaran diantaranya dengan menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif seperti model pembelajaran group investigation, jigsaw, STAD dan model-model pembelajaran lainnya.
- Menumbuhkan budaya meneliti di kalangan pendidik, dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk melakukan pengkajian terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukannya.
- Meningkatkan kolaborasi antara guru dan guru, guru dan kepala sekolah dalam memecahkan masalah pembelajaran.
1 komentar:
Artikel tentang definisi ptk sangat membantu. Salam.
Posting Komentar