Solusi Permasalahan Data Dapodik 2

Solusi Permasalahan Data Dapodik 2
Sebelumnya SHEV's Blog Posting tentang Solusi Permasalahan Data Dapodik, berikutnya SHEV's Blog akan share tentang Solusi Permasalahan Data Dapodik 2. Pada postingan kali ini berisi beberapa permasalahan lanjutan dalam hal input data dapodik, penyebab dan solusinya. Berikut beberapa permasalahan lanjutan dan penyebabnya dalam input data dapodik beserta solusinya :
Masalah :
Sudah Update Data di Dapodik namun tidak bisa login untuk Cek Info PTK
Penyebab
Kesalahan pada NUPTK atau tanggal lahir
Data belum masuk ke database P2TK
Format tanggal berubah karena perbedaan setting waktu pada computer (Indonesia dd-mm-yyyy, USA : mm-dd-yyyy)
Solusi
Periksa kembali NUPTK dan Tanggal Lahir Pada Dapodik, pastikan sudah benar
Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan
Coba kombinasi bulan dan tanggal lahir pada password. Yyyymmdd dan yyyyddmm

Masalah :
Sudah Update Data di Dapodik namun belum muncul Perbaikannya di Lembar Info PTK
Penyebab:
Proses Import data ke server Dapodik gagal
Belum Sinkronisasi antara Server Dapodik dengan Sever P2TK
Solusi
Pastikan data sudah “Berhasil Diproses” melalui manajemen pendataan (http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id)
Cek kembal  2-3 hari setelah data berhasil diproses

Masalah :
NUPTK Tidak Valid pada Lembar Info
Penyebab:
Nama pada database NUPTK berbeda dengan nama pada Dapodik
NUPTK yang dientri pada dapodik milik orang lain
Solusi:
Pastikan NUPTK adalah milik anda. Referensi NUPTK yang valid bisa didapatkan melalui Opr. NUPTK Dinas kab/Kota, opr. NUPTK LPMP atau operator NUPTK pusat (Gedung D lantai 16)
Jika kesalahan pada Database NUPTK,:perbaiki nama anda melalui operator NUPTK, Minta Cetak Lembar NUPTK hasil Perbaikan menggunakan aplikasi Web Browser NUPTK, Bawa Lembar NUPTK tersebut ke P2TK Dikdas agar dapat disesuaikan
Jika kesalahan pada Dapodik : perbaiki nama anda melalui operator Sekolah.
Upload data dan tunggu hasilnya dalam beberapa hari

Masalah :
NUPTK Valid namun Data Kelulusan tidak ditemukan
Penyebab:
NUPTK pada dapodik berbeda dengan NUPTK pada data Kelulusan (Cek di SK TP Tahun lalu)
NUPTK pada Data Kelulusan menggunakan NUPTK Sementara (9999XXX, 9000XXXX, 9898XXXX)
Mutasi dari Luar Diknas
Mutasi Dari Luar Dikdas
Solusi
Perbaiki NUPTK Melalui operator Tunjangan Dinas Kab/Kota
Jika mutasi dari Luar Dikdas atau Luar Diknas, harus diinput kelulusannya oleh operator Tunjangan Dinas Kab/Kota. Pengelola pusat akan melakukan verifikasi dari kelulusan tersebut sebelum bisa diajukan penerbitan SK TP nya. Bawalah berkas-berkas lengkap ke Dinas Pendidikan Kab/Kota, diantaranya : SK Mutasi, Sertifikat yang sudah dilegalisir, Fotocopy kartu NUPTK/NRG, Dan berkas pendukung lain.

Masalah :
NUPTK Valid namun Data Kelulusan Milik Orang Lain
Penyebab:
NUPTK anda dipakai oleh orang Lain
Solusi
Segera Laporkan ke dinas setempat dengan membawa bukti bahwa NUPTK milik anda.
Operator akan mengusulkan perbaikan data kelulusan orang lain yang menggunakan NUPTK data anda ke pusat. Proses ini akan memakan waktu beberapa hari
Jika anda belum memiliki NRG, laporkan juga agar dapat diusulkan NRG nya

Masalah :
Jumlah Jam Mengajar Kosong
Penyebab:
Belum melakukan mapping Rombel (penugasan Guru mengajar pada rombel)
Solusi
Perbaiki data melalui operator Sekolah
Pastikan Isian matapelajaran dan JJM sudah Benar

Masalah :
JJM Ada namun JJM Liner Kosong
Penyebab:
Belum Sertifikasi
Data kelulusan Tidak ditemukan sehingga tidak diketahui Bidang Studi Sertifikasi yang diambil (lihat Solusi No. 5)
Matapelajaran yang diajarkan tidak sesuai dengan Bidang studi yang diampu. Pelajari Lampiran mengenai Matapelajaran yang linier dengan Bidang Studi Serifikasi
Solusi
Lihat solusi “NUPTK Valid namun Data Kelulusan tidak ditemukan”
Jika kesalahan karena pengisian matapelajaran, perbaiki data anda di dapodik. Jika kenyataanya memang demikian, usahakan mengajar matapelajaran yang sesuai.

Masalah :
Rombongan Belajar Tidak Normal
Penyebab:
Jumlah Jam Mengajar dalam rombel melebihi ketentuan
Solusi
Perbaiki mapping penugasan dalam Rombel agar sesuai dengan Kurikulum KTSP (lihat lampiran tentang jjm Rombel Normal)

Masalah :
Sudah SK namun Gaji Pokok Tidak Sesuai
Penyebab:
Kesalahan pengisian Riwayat Gaji Berkala pada Dapodik
Solusi
Perbaiki data Riwayat Gaji Berkala pada aplikasi Dapodik
Laporkan ke Dinas Pendidikan Kab/Kota agar ada penyesuain Tunjangan. Gaji pokok yang digunakan ada yang sesuai dengan SK KGB per Desember 2012. Bawalah berkas yang dibutuhkan, diantaranya : SK Gaji Berkala per Desember 2012, Sertifikat yang sudah dilegalisir , Fotocopy kartu NUPTK/NRG Dan berkas pendukung lain
Dinas Kab/Kota mengajukan penyesuaian gaji Pokok melalui aplikasi Tunjangan
Sekian...semoga bermanfaat
Sumber :http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog