Di awal tahun tahun pelajaran 2013/2014
kurikulum 2013 mulai dilaksanakan/diujicobakan di beberapa sekolah sasaran.
Pembelajaran dalam kurikulum 2013 ini menggunakan model pembelajaran tematik
yaitu model pembelajaran tematik terpadu. Berikut SHEV’s Blog share definisi/konsep
model pembelajaran tematik terpadu :
Pembelajaran Tematik Terpadu dilaksanakan dengan
menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu menggunakan tema
sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran
sekaligus dalam satu kali tatap muka, untuk memberikan pengalaman yang bermakna
bagi peserta didik. Karena peserta didik dalam memahami berbagai konsep yang
mereka pelajari selalu melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan
konsep lain yang telah dikuasainya.
Pelaksanaan
pembelajaran Tematik Terpadu berawal dari tema yang telah dipilih/dikembangkan
oleh guru yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Jika dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional pembelajaran tematik ini tampak lebih menekankan pada
Tema sebagai pemersatu berbagai mata pelajaran yang lebih diutamakan pada makna
belajar, dan keterkaitan berbagai konsep
mata pelajaran. Keterlibatan peserta
didik dalam belajar lebih diprioritaskan dan pembelajaran yang bertujuan
mengaktifkan peserta didik, memberikan
pengalaman langsung serta tidak tampak adanya pemisahan antar mata pelajaran
satu dengan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar