Jenis Pertanyaan dalam Keterampilan Proses IPA

Friday, December 7, 2012

Jenis Pertanyaan dalam Keterampilan Proses IPA
Guru mengajukan pertanyaan dalam proses pembelajaran bertujuan untuk merangsang siswa berpikir, menilai kemajuan siswa, mengecek penjelasan yang telah diberikan guru, memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, dan banyak hal lagi. Ada beberapa jenis pertanyaan (teknik bertanya) yang sering digunakan guru dalam pembelajaran, salah satunya adalah pertanyaan yang termasuk dalam pengembangan keterampilan proses IPA.Menurut Carin (1997: 105) Pertanyaan-pertanyaan yang termasuk klasifikasi keterampilan proses IPA ditujukan untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk menemukan konsep melalui proses IPA yang mencakup: mengamati, membedakan, mengklasifikasi, memprediksi, menafsirkan, menerapkan konsep, merumuskan hipotesis,  merencanakan penelitian, membuat model, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan.Berikut penjelasan dari masing-masing jenis pertanyaan tersebut :
  1. Pertanyaan mengamati diajukan apabila guru meminta siswa untuk dapat menggunakan alat indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, peraba, dan pengecap) atau alat ukur (misalnya penggaris, neraca) untuk menyatakan sifat suatu objek.
  2. Pertanyaan mengklasifikasi dapat diajukan apabila guru meminta siswa untuk dapat menunjukkan kemampuan membedakan, mengkontraskan dan mencari persamaan-persamaan dari suatu objek/peristiwa.
  3. Pertanyaan memprediksi, diajukan apabila guru meminta siswa untuk dapat memberikan dugaan berdasarkan data informasi yang diperolehnya atau menggunakan pola yang ditemukan dari hasil pengamatan dan mengemukakan kemungkinan-kemungkinan  yang terjadi pada kejadian atau peristiwa.
  4. Pertanyaan menafsirkan diajukan apabila guru meminta siswa untuk dapat menghubungkan hasil-hasil pengamatan dan menemukan suatu pola dalam suatu seri pengamatan.
  5. Pertanyaan penerapan konsep diajukan apabila guru menginginkan siswa untuk dapat menggunakan konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi.
  6. Pertanyaan merumuskan hipotesis diajukan untuk melatih siswa agar mampu menghubungkan variabel-varibel. Pertanyaan merencanakan penelitian menuntut siswa untuk dapat menentukan alat, bahan, dan sumber yang digunakan dalam penelitian menentukan variabel yang harus dibuat tetap dan yang dapat diubah-ubah menentukan apa yang harus diamati, diukur, dan ditulis menentukan cara dan langkah kerja menentukan bagaimana hasil pengamatan untuk dibuat kesimpulan
  7. Pertanyaan komunikasi diajukan untuk meminta siswa agar dapat mendeskripsikan hasil pengamatan, menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis, menggambarkan data dengan grafik, tabel, diagram dan cara membacanya.
Berikut contoh pertanyaan keterampilan proses IPA :
(Klik pada gambar untuk memperbesar)

Pertanyaan
Sumber : BBM Bermutu

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog