Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif

Thursday, November 29, 2012
Tujuan Model Pembelajaran Kooperatif
Model Pembelajaran kooperatif berbeda dengan model pembelajaran lainnya. Model pembelajaran kooperatif (jigsaw,STAD,TPS,TGT,Numbered Heads Together,Group Investigation), disamping bertujuan untuk mencapai hasil belajar akademik,juga efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa. Banyak ahli yang berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit. Para pengembang model pembelajaran kooperatif telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan penilaian siswa pada belajar akademik dan perubahan norma yang berhubungan dengan hasil belajar. Robert E. Slavin telah berusaha mengubah norma yang berhubungan dengan hasil belajar, melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif secara berkelanjutan.
Model pembelajaran kooperatif dapat memberikan keuntungan baik bagi siswa lambat dalam belajar dan siswa yang cepat dalam belajar. kelompok siswa yang cepat dalam belajar akan menjadi tutor bagi siswa yang lambat dalam belajarnya, sehingga memperoleh bantuan khusus dari teman sebaya yang memiliki orientasi dan bahasa yang sama. Dalam proses tutorial teman sebaya ini, siswa kelompok cepat belajar akan meningkatkan kemampuan akademiknya karena memberikan pelayanan sebagai tutor membutuhkan pemikiran lebih mendalam tentang hubungan ide-ide yang terdapat dalam materi pelajaran tertentu.
Model pembelajaran kooperatif memiliki tujuan penting lainnya yaitu mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerja sama dan berkolaborasi.Ketermpilan ini dapat membekali siswa kelak untuk hidup di masyarakat yang banyak berhubungan dengan orang dewasa dan dalam kegiatan berorganisasi yang penuh saling ketergantungan satu sama lain, apalagi mengingat keragaman budaya yang semakin pesat perkembangannya. Banyak orang muda dan orang dewasa masih kurang memiliki keterampilan sosial untuk bekerja dalam situasi kooperatif. Hal ini terbukti dengan banyaknya terjadi pertikaian/tawuran. Demikian sekilas tujuan dari model pembelajaran kooperatif. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar:

Muhammad Faiq said...

Sip, Pak
Artikel tentang tujuan model pembelajaran kooperatif ini sangat membantu.
Silakan berkunjung juga ke
Model pembelajaran kooperatif JIGSAW

Post a Comment

 
 
Copyright © SHEV's Blog