Teori Pembelajaran Vygotsky

Thursday, November 8, 2012
Teori Pembelajaran Vygotsky
Setelah sebelumnya dibahas tentang Teori Belajar Bermakna ,selanjutnya akan dibahas tentang Teori Pembelajaran Vygotsky. Bagaimanakah teori belajar Vygotsky ? 
Toeori belajar Vygotsky menekankan pada pentingnya aspek sosial dalam pembelajaran. Proses pembelajaran akan lebih efektif jika anak mengerjakan tugas-tugas yang belum dipelajari, tetapi tugas-tugas belajar tersebut masih berada pada tingkat perkembangan sedikit diatas perkembangan siswa saat ini. Percakapan dan kerja sama antar individu dalam pembelajaran adalah mediasi untuk menciptakan perkembangan mental siswa dalam pembelajaran. Sehingga dengan fungsi mental yang tinggi siswa akan mudah berperan sebagai pebelajar. Peran guru dalam pembelajaran adalah sebagai pembimbing sekaligus memberikan bantuan belajar kepada siswa.Pada saat awal-awal pembelajaran bantuan guru bersifat lebih dominan namun ketika siswa sudah mampu maka bantuan guru diminimalisir dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengambil alih tanggung jawab belajarnya.Teknis pemberian bantuan belajar menurut Vygotsky tersesebut disebut Scaffolding. Implikasi dalam pembelajaran adalah siswa diberikan tugas-tugas yang kompleks dan sulit serta realistik kemudian diberikan bantuan secukupnya untuk menyelesaikan tugas belajarnya.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog