Definisi Model Pembelajaran Inkuiri Menurut Para Ahli

Friday, November 9, 2012
Definisi Model Pembelajaran Inkuiri Menurut Para Ahli
Model Pembelajaran Inkuiri secara umum adalah berkaitan dengan suatu masalah melakukan penelitian serta menjawab suatu masalah. Ada beberapa pendapat yang berkaitan dengan definisi model pembelajaran inkuiri. Berikut Definisi Model Pembelajaran Inkuiri Menurut Para Ahli :
  • Menurut Kourilsky menyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri adalah suatu strategi yang kegiatannya berpusat kepada siswa, dimana siswa secara berkelompok mencari suatu jawaban atau solusi penyelesaian dari pertanyaan – pertanyaan atau masalah yang diberikan melalui prosedur yang telah digariskan secara jelas dan struktural kelompok
  • Menurut Bruce Joyce/Marsha Weil menjelaskan bahwa model Inkuiri adalah proses pemecahan masalah melalui langkah-langkah yang sistematis dan logis yaitu perumusan masalah, perumusan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis dan penarikan kesimpulan. 
  • Menurut Sapriya bahwa model inkuiri merupakan proses untuk bertanya serta mendorong motivasi belajar siswa pada jenjang pendidikan sekolah dasar dan pendidikan menengah. Selanjutnya dikatakan Sapriya bahwa inkuiri lebih sekedar bertanya, inkuiri merupakan suatu proses mempertanyakan makna tertentu yang menuntut seseorang menunjukkan kemampuan intelektualnya supaya ide dan gagasan atau pemikirannya dapat dimengerti.
  • Menurut Roestiyah model pembelajaran inkuiri adalah suatu tekhnik atau cara yang digunakan guru untuk mengajar di kelas. Pelaksanaannya yaitu guru membagi tugas, meneliti suatu masalah, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok mendapat tugas tertentu yang harus dikerjakan. Kemudian mereka mempelajari, meneliti atau membagi tugasnya di dalam kelompok. Hasil kerja mereka dalam kelompok didiskusikan di depan kelas, kemudian  membuat laporan yang tersusun baik.

Artikel Menarik Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog