Definisi dan Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Thursday, August 23, 2012

Definisi
Hasley (dalam Kusnandar,2008:43) mendefinisikan bahwa “penelitian tindakan (action research) adalah sebagai intervensi skala kecil terhadap tindakan dalam dunia nyata dan pemeriksaan secara cermat  terhadap efek dari intervensi tindakan tersebut”. Sementara Elliot (dalam Kusnandar,2008:43) mendefinisikan “penelitian tindakan sebagai kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan penelitian tindakan”. Sedangkan menurut Kemmis dan Mc Taggart (dalam Kusnandar,2008:42-43)”penelitian tindakan diartikan sebagai bentuk refleksi diri  secara kolektif yang melibatkan partisipan dalam suatu situasi sosial  untuk mengembangkan rasionalisasi dan justifikasi dari praktik pendidikan”
Kesimpulan : Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri melalui refleksi diri  dengan tujuan untuk memperbaiki  kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat.
Tujuan PTK yaitu :

  1. Memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik pembelajaran secara berkesinambungan, yang pada dasarnya melekat pada terlaksananya misi profesionalitas pendidikan yang diemban guru.Salah satu contoh dalam memperbaiki pembelajaran diantaranya dengan menerapkan berbagai model pembelajaran kooperatif seperti model pembelajaran group investigation, jigsaw, STAD dan model-model pembelajaran lainnya.
  2. Menumbuhkan budaya meneliti di kalangan pendidik, dengan memberikan kesempatan kepada guru untuk melakukan pengkajian terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukannya.
  3. Meningkatkan kolaborasi antara guru dan guru, guru dan kepala sekolah dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Artikel Menarik Lainnya :

1 komentar:

Muhammad Faiq said...

Artikel tentang definisi ptk sangat membantu. Salam.

Post a Comment

 
 
 
 
Copyright © SHEV's Blog